Site Loader
Fak. Ushuluddin Adab dan Dakwah Jl. G. Obos Kompleks Islamic Centre Palangka Raya

Yogyakarta–Pada hari Kamis, 14 Desember 2017, bertempat di kantor pengelola Jurnal Al-Jami’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, diadakan sebuah kegiatan yang bertajuk, “Pelatihan Reviewer dan Editor Jurnal” bagi seluruh pengelola Jurnal di kampus IAIN Palangka Raya.

Format kegiatan pelatihan kali ini agak berbeda dari biasanya. Jika umumnya kegiatan pelatihan mengundang narasumber, yang ini tidak. Kegiatan pelatihan yang diadakan ini justru “mendatangi” narasumber. Hal ini tentu dimaksudkan agar seluruh peserta pelatihan dapat melihat langsung “dapur” pengelola Jurnal yang baik dan terstandar. Seperti yang telah diketahui, jurnal Al-Jami’ah UIN Sunan Kalijaga adalah salah satu Jurnal yang telah terakreditasi.

Pengelola jurnal Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya, JURNAL NALAR, mengutus salah seorang pengelolanya yaitu Ihsan Mz, M.Psi, untuk mengikuti pelatihan tersebut. Peserta lainnya berasal dari Fakultas Syari’ah, FTIK, FEBI, Pascasarjana dan LP2M.

JURNAL NALAR saat ini baru mem-publish 2 edisi jurnal di tahun 2017 (Volume 1 Nomor 1 dan Volume 1 Nomor 2). Sebagaimana regulasi yang disepakati bahwa penerbitan JURNAL NALAR dilaksanakan sebanyak 2 edisi dalam satu tahun, yakni di bulan Juni dan Desember. Insya Allah tahun 2018 mendatang akan diterbitkan lagi Volume yang ke-2.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan pengalaman kepada pengelola JURNAL NALAR agar dapat melahirkan tulisan dan karya-karya ilmiah yang berkelas, serta menjadi rujukan bagi banyak orang. (Ihsan Mz)

Peserta pelatihan memanfaatkan kegiatan ini dengan aktif bertanya kepada narasumber.
Follow Me

Post Author: Ihsan Mz

I am a lecturer and researcher who is interested in the study of Islamic Psychology, Educational Psychology, and Counseling

One Reply to “Pengelola “Jurnal Nalar” FUAD Mengikuti Pelatihan di Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *