Site Loader
Fak. Ushuluddin Adab dan Dakwah Jl. G. Obos Kompleks Islamic Centre Palangka Raya

Palangka Raya – Senin, 20 September 2021 pukul 15.15 WIB-selesai. Bertempat di Sekretariat Masjid Ar-Rasyid Palangka Raya jalan G. Obos XVIII. Diadakannya Festival Anak dan Pemuda Se-Kalteng dalam rangka menyemarakkan Tahun Baru Islam dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.  Berbagai cabang lomba telah dilaksanakan dalam event ini.

Meskipun dalam situasi pandemi, kegiantan ini tetap berjalan dengan lancar. Hal ini terbukti dengan antusiasme para peserta baik dari kalangan anak maupun pemuda. Dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sangat ketat, kegiatan ini dilaksanakan melalui sistem daring. Adapun untuk kategori peserta anak adalah para santri TPA/TPQ usia 4-12 tahun, sedangkan untuk pemuda dari kalangan umum usia 17-30 tahun.

Juhey Riyah selaku mahasiswa FUAD IAIN Palangka Raya dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, dan juga sebagai mahasantri Zawiyah Miftahus Sudur Palangka Raya meraih juara II dalam cabang lomba puisi kebangsaan. Adapun dua peserta lainnya, sebagai santri TPA/TPQ Zawiyah Miftahus Sudur Palangka Raya:

  1. Reza Amrullah (Juara II Praktik Wudhu dan Shalat serta Juara Harapan II Tartil)
  2. Hanina (Juara Harapan I Praktik Wudhu dan Shalat)

Ketua panitia dalam event tersebut Muhammad Renaldi, S.H., menuturkan “Alhamdulillah, kegiatan Festival Anak dan Pemuda Se-Kalteng Tahun 2021 berjalan dengan lancar di tengan pandemi yang sedang berlangsung. Semoga kegiatan ini menjadi wadah atau tempat mengasah daya kreativitas bagi anak-anak kita dan pemuda-pemuda kita sehinga nantinya terbentuk generasi penerus yang mumpuni dan bernafaskan Islami. Harapan kedepan adalah semoga dapat terus melaksanakan kegiatan-kegiatan positif yang lainnya dan berdampak manfaat yang luas bagi khalayak orang banyak. Sehingga Masjid Ar-Rasyid bukan hanya menjadi sarana tempat ibadah yang nyaman, namun juga berfokus pada pendidikan, sosial kemasyrakatan”. Ungkapnya.

“Dengan terlaksananya event perlombaan ini, Alhamdulillah bisa memberikan suatu hal yang sangat positif bagi pemuda dan pemudi di masa pandemi ini. Walaupun tidak bisa terlaksana dengan cara luring, Alhamdulillah masih bisa terlaksana dengan cara daring. Kegiatan ini mengajak para pemuda dan pemudi untuk berlomba-lomba dalam hal kebaikan, istilah bahasa Arabnya yaitu fastabiqul khoirot. Bukan berlomba-lomba dalam hal keburukan. Dan semua kegiatan yang sudah terlaksana tersebut menjadi pengalaman baru bagi para peserta maupun panitia yang ikut terlibat di dalam kegiatan tersebut. Dan in syaa Allah biiznillah, semua hal kebaikan yang sudah terlaksana dan direncanakan akan menjadi hal kebaikan pula yang mana nantinya buah kebaikan itu akan kita petik bersama dikemudian hari.

Dengan izin Allah SWT, semoga kedepannya kita selalu bisa memberikan hal-hal positif untuk generasi-generasi muda-mudi di masa ini. Hal-hal yang selalu membangkitkan semangat para pemuda dan pemudi untuk berlomba lomba dalam hal kebaikan dan semangat dalam mendalami agama lillah wa li’ila i kalimatillah”. Tambah Muhammad Fatih Ihsan Juri Lomba Tartil.

Reporter: Muhammad Sapi’i

Post Author: Heri Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *