FUAD IAIN Palangka Raya Laksanakan Workshop Online Research Skills (ORS)

Palangka Raya – Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palangka Raya melaksanakan kegiatan Workshop Online Research Skills (ORS) di aula FUAD, kampus IAIN Palangka Raya pada Minggu, 3 November 2019. Acara ini menghadirkan pakar ORS dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Faizuddin Harliansyah, MIM.

Dalam sambutannya dihadapan para peserta workshop ORS, Dekan FUAD IAIN Palangka Raya Dr. Desi Erawati, M.Ag mengatakan, “Workshop Online Research Skills (ORS) ini merupakan pelatihan literasi informasi yang membekali civitas akademika FUAD IAIN Palangka Raya mengenai pengetahuan dan skill untuk mengenali sumber-sumber informasi riset daring yang relevan dengan kebutuhan studi dan penelitian, membekali strategi penelusuran efektif untuk menemukan referensi dan kemampuan dalam mengelola referensi hasil penelusuran dengan aplikasi manajemen referensi.”

Seluruh pesert Workshop nampak serius memperhatikan paparan dari narasumber

Faizuddin Harliansyah, MIM menjelaskan, berdasarkan penelitian efektifitas ORS yang dilakukan oleh Mufid dan Zuntriana (2016) menunjukkan, bahwa pelatihan ORS (Online Research Skills) berkontribusi 86.5 % mendukung studi dan penelitian dosen dan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan model Kirkpatrick. Model Kirkpatrick ini digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan ORS yaitu pada tingkat reaksi peserta dan proses pelatihan peserta. Kemudian kurikulum ORS mengadopsi kurikulum SCONUL, yaitu kurikulum yang berlandaskan pada 7 pilar. “Untuk itu, pelatihan ORS memiliki posisi penting dalam membekali literasi informasi ilmiah daring (misalnya lewat aplikasi Zotero) untuk dosen dan mahasiswa FUAD IAIN Palangka Raya yang sedang melakukan kegiatan riset, yang berimplikasi pada peningkatan kualitas hasil penelitian yang dilakukan,” kata Faizuddin Harliansyah, MIM. (MI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *