Dilantik Sebagai Pengurus Pusat Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam, Dosen Prodi BPI FUAD IAIN Palangka Raya Mengokohkan Posisi Tawar

Yogyakarta – Bertempat di University Hotel Yogyakarta, kegiatan Seminar Nasional yang dirangkaikan dengan Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam (ABKI) berlangsung dengan lancar dan sukses. Acara yang dimulai pada hari Kamis-Sabtu, 10 sampai 12 Agustus 2017 ini dihadiri oleh hampir seluruh perwakilan PTAI (Perguruan Tinggi Agama Islam) se-Indonesia. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Memantapkan Profesionalisme Bimbingan dan Konseling Islam di Berbagai Latar Kehidupan”.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. Hal ini menunjukkan keseriusan UIN Sunan Kalijaga sebagai tuan rumah pelaksanaan agenda Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional perdana sejak Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam ini berdiri.

Beberapa acara pendukung dalam kegiatan ini adalah seminar yang menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan. Diantaranya adalah Prof. Dr. Yahya Jaya, M.A., Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang. Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd., Pakar Konseling lslami UNNES Semarang. Dr. Aep Kusnawan, M.Ag., Presiden ABKI dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Dr. Arief Maftuhin, M.A., Executive Editor an International Journal of Al-Jamiah.

Dalam kegiatan ini pula diselenggarakan FGD dengan mengangkat topik yang relevan dan up to date. Beberapa topik yang diangkat adalah Orientasi Pendidikan Profesi ABKI, Artikel ilmiah bagi Pengembangan Jurnal ABKI, Manajemen Anggaran ABKI dan Legal Formal ABKI. Kegiatan FGD ini dipandu oleh Dosen yang pakar dalam bidangnya masing-masing.

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI/BKI) IAIN Palangka Raya mengutus tiga orang Dosennya untuk menghadiri kegiatan tersebut. Mereka adalah Ihsan Mz, M.Psi., Dony Apriatama, M.Pd., dan Arini Safitri, M.Psi., Psikolog. Dengan modal semangat yang besar untuk mengembangkan Program Studi BPI, ketiga Dosen ini sangat antusias dalam mengikuti agenda demi agenda dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam (DPP ABKI) dengan seluruh wakil dari PTAI yang hadir dalam kegiatan ini. Prodi BPI FUAD IAIN Palangka Raya juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin kerja sama dengan pengelola Prodi BPI/BKI PTAI se-Indonesia. (Ihsan Mz)

Follow Me

2 thoughts on “Dilantik Sebagai Pengurus Pusat Asosiasi Bimbingan dan Konseling Islam, Dosen Prodi BPI FUAD IAIN Palangka Raya Mengokohkan Posisi Tawar

  1. Tahun ini kapan pertemuanny ? Alhmdllh kami iain metro sudah ada jurusan bpiny. Bgaimana cara bisa bergabung dengan asosiasiny ??

    1. Belum lama ini Kongres PABKI (Perhimpunan Ahli BKI) dilaksanakan di IAIN Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi nomor (WA) Presiden PABKI atas nama Pak Aep Kusnawan di nomor 0813-2123-5040. Terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *