Pengelola “NALAR” Mengikuti Konsorsium Jurnal Psikologi Islam di Yogyakarta

Yogyakarta – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya mengutus salah satu pengelola Jurnal Fakultas, “JURNAL NALAR” untuk menghadiri kegiatan Inisiasi Pembentukan Konsorsium Jurnal Psikologi Islam yang dilangsungkan di kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta mulai tanggal 4-5 Mei 2018. Dosen yang diutus adalah Ihsan Mz, M.Psi.

Pada hari pertama kegiatan (4 Mei 2018), para peserta mendapatkan materi yang disampaikan oleh Ibu Arini Widyowati, M.Psi., Psi. dengan tema “Pengalaman Pengelola Jurnal Terakreditasi”. Di awal paparannya, beliau menyampaikan tentang perkembangan jurnal di Indonesia, jurnal yang terindeks dan pengelolaan jurnal. Setelah itu, beliau memaparkan tentang pengalamannya dalam mengelola jurnal HUMANITAS (Jurnal Psikologi UAD) berikut kendala-kendala yang dialami. Pada bagian akhir dalam paparannya, Ibu Arini menyampaikan bahwa “Bangun, aktifkan dan pertahankan jaringan yang ada”.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr. Fuad Nashori, M.Si., M.Ag., Psi. dengan tema “Mengubah Tesis dan Skripsi Menjadi Naskah Publikasi”. Beliau mengawali paparannya dengan mengatakan bahwa karya-karya tulis (dalam hal ini skripsi atau tesis) perlu dipublikasikan sebab hakikatnya hal tersebut merupakan upaya untuk mengungkap kebenaran sebagaimana yang disampaikan oleh Allah Swt dalam firman-Nya QS. Fushilat: 53. Setelah itu, beliau melanjutkan bahwa kondisi pengembangan ilmu di Indonesia tergolong memprihatinkan, dimana kontribusi ilmuwan Indonesia pada khazanah pengembangan ilmu pengetahuan dunia tiap tahun hanya 0.012%, Singapura 0.179%, dan Amerika Serikat lebih dari 20%. Setelah itu, beliau menjelaskan bahwa diantara langkah yang bisa dilakukan untuk menggiatkan naskah publikasi adalah melalui goodwill dari Pihak Pimpinan Kampus. Bisa juga dengan cara menyelenggarakan Konferensi yang output-nya berupa naskah publikasi. Cara lain adalah dengan menyelenggarakan Workshop perbaikan naskah publikasi dimana mahasiswa yang dalam proses penyelesaian tugas akhir dibimbing langsung oleh Dosen pembimbingnya. Contoh terakhir adalah dengan membuat “Dapur Publikasi”. Langkah ini telah ditempuh oleh Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Sesi berikutnya adalah presentasi pemaparan bentuk kerjasama Jurnal Psikologi Islam yang dipandu oleh Dr. Ahmad Rusydi, MA.Si. Ada 4 bentuk tawaran kerjasama yang disampaikan oleh beliau. Sesi selanjutnya adalah diskusi mengenai kluster kerjasama. Sesi ini dipandu oleh Bapak Very Julianto, M.Psi., Psikolog. Para peserta dibagi ke dalam 2 komisi. Masing-masing komisi beranggotakan perwakilan kampus yang belum memiliki Jurnal dan yang sudah memiliki Jurnal.

Sesi terakhir pada hari pertama ini adalah sidang pleno yang membahas tentang hasil dari sidang yang telah dilakukan oleh masing-masing komisi.

Sementara kegiatan pada hari kedua (5 Mei 2018) adalah penjelasan mengenai “Manajemen Kerjasama” Perguruan Tinggi (Pengelola Jurnal) yang menjadi peserta dalam kegiatan ini. Sesi kali ini dipandu langsung oleh Ibu Arini Widyowati, M.Psi., Psi.

Setelah itu, sesi selanjutnya adalah “Penyusunan Draft MoU Jurnal Psikologi Islam”. Seluruh peserta yang hadir memberikan sumbang-saran mengenai klausul yang dituangkan dalam naskah MoU tersebut. Hasil dari penyusunan MoU tersebut lalu disepakati/disetujui oleh seluruh peserta yang akhirnya ditandatangani oleh masing-masing pihak.

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah mendapatkan kehormatan melangsungkan kerjasama dengan Asosiasi Psikologi Islam (API) melalui MoU Nomor B. 175/In.22/III.3/HM.01/05/2018, yang ditandatangani oleh Dekan FUAD IAIN Palangka Raya, Dr. H. Abubakar HM., M.Ag dengan ketua API, Prof. Drs. Subandi, MA., Ph.D., Psikolog. (Ihsan Mz)

Follow Me

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *